Dijaman era modern sekarang komputer merupakan hal wajib dalam setiap pekerjaan

Sunday, August 14, 2016

Pengertian dan Komponen-komponen Komputer

Pengertian dan Komponen-komponen Komputer,- Komputer pada saat ini merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang, komputer menjadi suatu bagian yang penting bagi setiap kehidupan manusia karena lewat komputer kita bisa melakukan berbagai aktivitas pekerjaan sehingga menjadi lebih mudah dan ringan untuk bisa mempermudah dan mempersingkat waktu pekerjaan kita.


Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang berarti menghitung. Dalam bahasa inggris disebut compute. Karena asal mulanya pengolahan informasi  dengan komputer hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara definisi komputer diartikan  “Sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

Setelah mengulas pengertian dan sejarah komputer, sobat sekalian pasti sudah bisa menyimpulkan beberapa fungsi dari komputer. Berikut akan diperjelas kembali fungsi komputer :

  • Komputer dapat melaksanakan komunikasi jarak jauh dan membagikan cukup banyak informasi dengan jaringan internet. Fungsi ini bahkan dinikmati oleh anak-anak bukan hanya orang dewasa.
  • Komputer dapat mengontrol alat-alat pemantau seperti CCTV (kamera kontrol jauh), juga dapat mengontrol berbagai mesin otomatis yang kita pakai sekarang ini.
  • Komputer dapat digunakan juga sebagai sarana usaha dalam banyak hal, nilai dagang komputer yang sangat menjanjikan dan usaha lainnya yang menggunakan komputern sebagai sara seperti desain arsitektur, pemograman, perusahaan yang mengolah data laju naik turun keuntungan, bahkan warung internet.
  • Bidang kesehatan juga memfungsikan komputer untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam pemeriksaan penyakit dalam maupun kehamilan (USG).
  • Komputer dapat memperkuat pertahanan negara maupun gedung-gedung tertentu yang secara otomatis dikendalikan oleh komputer. Seperti CCTV, alarm kebakaran dan penyimpanan berkas penting negara.
  • Dalam bidang pendidikan komputer dapat memudahkan proses belajar mengajar dengan dipersiapkannya bahan presentasi dengan komputer.
  • Sehari-harinya komputer bahkan berfungsi sebagai sarana hiburan dengan menyediakan game-game seru untuk dimainkan.

Dalam pengolahan data yang dimulai dari memasukkan data (input) sampai akhirnya menghasilkan informasi, komputer memerlukan suatu sistem dari kesatuan elemen yang tidak bisa terpisahkan.

1. Hardware (perangkat keras)

Hardware adalah sekumpulan komponen perangakat keras komputer yang secara fisik bisa dilihat, diraba, dirasakan. Hardware ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian, yaitu:
  • Input Device, peralatan masukkan (Keyboard,mouse,dll),
  • Process Device, peralatan proses (processor, motherboard, ram, dll),
  • Output Device, peralatan keluaran (Monitor, Printer, dll),
  • Storage Device, peralatan penyimpan (harddisk,flashdisk, dll),
  • Peripheral Device, peralatan tambahan (WebCam, modem, dll),

2. Software (Perangkat Lunak)

Software adalah program yang berisi instruksi/perintah sebagai pelantara yang menghubungkan (menjembatani) antara hardware dan brainware (perangkat manusia) sehingga dapat menghasilkan informasi yang diinginkan brainware. 

Software dapat dikategorikan menjadi dua kelompok.
  1. Software Operating System (OS), Contohnya adalah Windows, Linux, Dos, Android, dll. Tanpa adanya Operating System ini, maka hardware hanyalah benda mati yang tidak bisa digunakan.
  2. Software Application System, Contohnya adalah Ms. Office, Open Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, Program Database, Program Utilities, dll.

3. Brainware (Perangkat Manusia/pengguna/user)

Brainware adalah perangkat yang mengoperasikan dan menjalankan perangkat lunak yang ada didalam komputer. Bukan hanya itu, ternyata brainware itu bukan hanya orang yang menggunakan komputer saja, namun orang yang merasakan manfaat dari komputer pun bisa di katakan Brainware. Contohnya adalah siswa/i dikelas yang sedang memperhatikan presentasi yang dibawakan oleh gurunya dengan menggunakan Laptop dan Projector. Siswa/i ini secara tak sadar disebut juga sebagai brainware karena melihat hasil (informasi) pelajaran yang disampaikan gurunya. Brainware dikelompokkan menjadi beberapa kategori mulai dari pembuat program (programmer), Technical Support, Designer Graphic, Operator, sampai user paling awam sekalipun.


Pengertian dan Komponen-komponen Komputer

Pengertian dan Komponen-komponen Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aceng Arrozaq

0 comments:

Post a Comment